4 Kunci Surga- Program Peduli Guru Ngaji

Assalamuallaikum wr wb

Di dalam firman-Nya Allah berfirman; “Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al-‘Ashr: 1-3).

Dalam ayat diatas setidaknya terdapat empat hal yang apabila terkumpul dalam diri seorang Muslim maka dapat dikatakan telah mencukupi baginya untuk mendorongnya dalam memegang teguh ajaran Islam. Sebagaimana yang dikatakan Imam Asy-Syafi’i rahimahullah yang berkata ”Seandainya Allah tidak menurunkan suatu hujjah (argumen) kepada manusia kecuali surat ini, niscaya surat ini telah mencukupi untuk mereka”.

Dalam surat Al-Ashr di atas disebutkan bahwa ilmu merupakan proses utama yang mustinya dilakukan oleh seorang muslim. Sebab dengan ilmu tersebut seorang muslim akan memiliki pemahaman yang lurus dengan mengerti cara ibadah yang benar dan cara ibadah yang salah, serta mana hal baik yang bisa dilakukan dan mana amal buruk yang mesti ditinggalkan. Setelah ilmu dimiliki maka yang kedua adalah amal. Ibarat ilmu itu adalah pohon maka amal merupakan buahnya.

Jika ilmu dan amal telah ada di dalam diri seorang muslim maka yang ketiga adalah mendakwahkannya, dengan disampaikan apa yang di fahaminya kepada yang lain. Setelah tiga hal ini, maka yang terakhir di sebutkan dalam surat Al-Ashr adalah bersabar atas tiga hal yang sebelumnya.

Penjelasan di atas merupakan nasihat yang disampaikan oleh Ustad Arohman Diyantoro dalam mengingatkan para asatidz/asatidzah didalam pengabdiannya di tengah masyarakat, dalam acara Silaturahmi Guru Ngaji bulan September 2022, yang diselenggarakan Baitul Maal Fajar BISA di kantor pusat KSPPS BMT Fajar Metro. Program ini adalah program rutin yang dijadwalkan untuk setiap bulan.

Dalam kesempatan ini Baitul Maal Fajar juga memberikan bantuan tunai kepada 13 guru ngaji dari 8 TPA & TPQ yang tersebar di kota Metro. Meskipun apa yang diberikan tidak seberapa dibandingkan dengan jasa asatidz-asatidzah, tapi harapannya adalah dengan terlaksananya kegiatan ini, dapat lebih memotivasi para dai yang sedang berjuang di tengah umat, dan sekaligus sebagai wadah dalam menyerap dan mendiskusikan masalah-masalah yang ada, agar kemudian Baitul Maal bersama para donatur dapat mengambil perannya masing-masing.

Demikian kami berharap semoga Allah senantiasa menguatkan langkah-langkah umat Muslim dimanapun berada, agar apa yang disampaikan Nabi Muhammad SAW bahwa seorang muslim dengan Muslim yang lainnya sebagaimana bata yang tersusun dan saling menguatkan. Dan semoga Allah mencatat setiap kebaikan sebagai amal yang diterima di sisi-Nya. Aamin Yarabbal Alamin.

——————————-

Salurkan Zakat, Infaq dan Sedekah kita melalui

Rekening BSI

701 454 1807 A/N BMT FAJAR KSU

atau

Rekening Wadiah BMT Fajar

001.11.0002166.03 A/N KANTOR PUSAT.

——————————-

 

???????????????? ?? ??

 

Program Muliakan Guru Ngaji

Share this post;